Satu Langkah Menuju Madura Smart City

Kita bicara tentang madura, apa yang terlintas dipikiran kita , ketika mendengar kata madura??? yappp benar sekali yang terlintas pertama pada pikiran kita saat mendengar kata madura adalah kota santri , tipe pekerja keras , mempunyai semangat juang , mempunyai solidaritas yang kuat, tapi jangan sampai lupakan kalua mendengar kata Madura adalah Banjir dan pengembangan teknologi masih belum di katakana hebat .  tidak bisa kita hindarkan hal itu memang terjadi , karena apa hal itu terjadi , hal tersebut terjadi karena terjadinya kesalahan dalam mengolah system yang ada dan tidak di pungkiri pula bahwa kurangnya kesadaran masyarakat bisa mempengaruhi hal itu , buang sampah sembarangan lah , egois lah dan yang lain lain .

Tapi bayi tidak selamanya kecil , pohon tidak selamanya pendek , pada tanggal, 31 Mei 2016 di sumenep, Solusi Smart City telah di cetuskan , bekerja sama dengan PT . Telkom indonesia menyatakan bahwa Sebagai sebuah kota kabupaten di ujung Madura dengan sejuta pulau yang punya beragam potensi, Sumenep menyadari membuka akses informasi kepada publik akan membantu mempercepat kotanya menjadi smart city. Langkah ini disambut baik untuk diwujudkan sebuah teknologi digital company dengan portofolio business TIMES (Telecommunication, Information, Media, Edutainment, Services).


Hal ini juga di dikung oleh pemerintah setempat contohnya yang  dilakukan oleh Bupati Pemkab Sumenep Dr. KH A.Busyro Karim,MSi dan General Manager Telkom Jatim Utara Ferry Zuljanna.
Mereka melakukan penandatanganan kesepakatan bersama Smart City Kabupaten Sumenep, Telkom dan Pemkab Sumenep mempunyai tujuan yang sama untuk mengembangkan potensi daerah dengan meningkatkan kapasitas masyarakat dan lembaga lembaga daerah melalui  penerapan teknologi informasi.
Kota sumenep ialah kota yang mempunyai destinasi yang sangat terkenal dan bisa di katakan sebagai pusat di madura  sehingga jika program smart city ter realisasi maka akan menjadikan kota sampang menuju era keemasan

Bupati kota sumenep juga berharap meskipun wilayahnya termasuk yang paling timur di Madura, tetap bisa dikenal dunia karena saat ini sudah tidak ada batas negara, yang ada hanya batas administratif saja. “Dunia saat ini bagaikan kampung halaman dengan teknologi makin kecil” tambahnya. Dengan teknologi informasi ini pula, kekayaan pariwisata kota juga bisa terpublikasi secara internasional.





Program kerja yang telah akan di terapkan ialah Sumenep menjadi Super Mantap , yang artinya Super Mantap sendiri adalah Sumenep Sejahtera dengan Pemerintahan yang Bersih, Mandiri,Agamis, Nasionalis, Transparan, Adil dan Profesional. Ujar General Manager Telkom Jatim Utara Ferry Zuljanna sesaat setelah melakukan penandatanganan kesepakatan bersama, Dikatakan Ferry, ruang lingkup program yang akan dikerjasamakan Telkom dan Pemkab Sumenep meliputi peningkatan capacity building dan social learning sampai ke tingkat desa, pengembangan infrastruktur dan  e-government, pengembangan penyediaan wifi.id di public service dan public area, juga pengembangan wira usaha muda dan UKM berbasis digital.
            Langkah langkah pasti yang di lakukan oleh pemerintah dan di bantu oleh pihak PT telkon indonesia adalahUntuk mendukung percepatan pengembangan infrastruktur, tambah Ferry, pihaknya telah mencoba mengurangi kesenjangan digital di kabupaten Sumenep dengan menggelar jaringan-jaringan akses internet berkecepatan tinggi menggunakan fiber optik di 5 kecamatan dengan kapasitas 5200 pelanggan.

"Dengan adanya jaringan akses fiber optik yang menggantikan kabel-kabel tembaga kami yang lama ini, masyarakat sudah bisa menikmati layanan triple play (telepon, internet kecepatan tinggi, dan televisi UseeTV) dengan brand Indihome" katanya.

Untuk public service dan public area, Ferry berharap Pemkab Sumenep telah menetapkan banyak lokasi yang akan diberi akses wifi.id. Kalau untuk wifi.id corner dengan kecepatan sampai 100 Mbps masyarakat bisa memanfaatkan di 32.lokasi khususnya di kantor-kantor Telkom.  Ferry menyadari bahwa upaya menumbuhkan digital ecosystem untuk menuju smart city ini akan terwujud dengan dukungan berbagai pihak selain Telkom sebagai business enabler melalui solusi ICT. Perlu adanya dukungan pihak-pihak yaitu akademisi, business, community, government dan media. Kerjasama Pentaholix inilah yang akan mempercepat Sumenep mewujudkan smart city.
            Jadi kota manapun berhak dan wajib menerapkan yang namanya smart city , agar apa ? agar sistem dan tata kelola kota berjalan dengan lancar , dari pada itu kemjuan teknlogi juga harus di imbangi dengan sumber daya alam yang memadai , smart city juga berguna untuk meringankan beban masyarakat , di indonesia sendiri kota yang familiar di sebut kota smartcity adalah kota bandung , jadi kota bandung bisa dijadika kota percontohan bagi kota yang lain .



Sumber by :
·         Sumber : LensaIndonesia & Good News From Indonesia








Comments

Popular posts from this blog

Macam - macam Software Business Process Modeling and Notation (BPMN)

Sistem Operasi iOS ( iphone operating system)

Perancangan jaringan Komputer