Mengupas Harta Terpendam Di Wilayah Madura Dengan Bantuan Teknologi Yang Ada


Teletak di sebelah utara bagian timur dari pulau Jawa tepatnya di Pulau Madura, Provinsi Jawa Timur, Indonesia . nah itu adalah kota sampang , Kabupaten Sampang secara administrasi terletak dalam wilayah Provinsi Jawa Timur yang secara geografis terletak di antara 113o 08’ - 113o 39’ Bujur Timur dan 6o 05’ - 7o 13’ Lintang Selatan. Kabupaten Sampang terletak ± 100 Km dari Surabaya, dapat dengan melalui Jembatan Suramadu kira-kira 1,5 jam atau dengan perjalanan laut kurang lebih 45 menit dilanjutkan dengan perjalanan darat ± 2 jam 
Yang kita tahu dari kota sampang biasanya dalam sektor pertanian , sektor , peternakan , sektor perikanan , sektor pertambangan . apakah kita tahu bahwasanya kota  sampang mempunyai potensi laut yang sangat luar biasa , tepatnya di kota sreseh kabupaten sampang , semakin majunya jaman , semakin pula teknologi semakin berkembang , kita bicara tentang investasi orang luar negeri di Madura yaitu PT SANTOS , pemerintah kabupaten Sampang berharap tambang minyak lepas pantai di Kecamatan Sreseh dapat membuahkan hasil. Kepastian ini terungkap, kemarin di pendopo kabupaten, dalam acara pertemuan antara pihak Pertamina, PT Santos, Bupati Sampang, dan instansi terkait.
Menurut Public Relation PT Santos Australia, Emilia Hutabarat, berdasar penelitian seismograf yang dimulai sejak tahun 1998 lalu, ada indikasi kuat di sumur Anggur I yang berukuran 40 m2 -terletak sekitar 10 km dari Desa Labuhan Kecamatan Sreseh- terdapat sumber minyak bumi dan gas alam.
Rencananya, kata dia, pada awal Oktober 2000 nanti akan dilakukan pengeboran. "Kami yakin di lokasi tersebut terdapat sumber minyak bumi. Untuk lebih memastikan lagi, kami akan melakukan eksplorasi. Untuk itu, kami belum bisa menentukan seberapa besar kapasitasnya," tambahnya.
Dia menambahkan, selain di lepas pantai Kecamatan Sreseh, menurut rencana PT Santos juga akan melakukan eksplorasi di lokasi Oyung I di Desa Tanjung Kecamatan Camplong. "Yah, kita lihat dulu hasil pengeboran di Kecamatan Sreseh. Bila di Sreseh berhasil, baru tahap berikutnya di Kecamatan Camplong," tandasnya.Disisi lain, dia berharap agar masyarakat di sekitar lokasi pengeboran dapat membantu kelancaran eksplorasi. Dikatakan, keberhasilan eksplorasi tidak hanya didukung oleh aspek teknis semata. Tetapi, perlu adanya kerjasama dengan masyarakat di sekitar lokasi proyek.

Bupati Sampang, Drs H Fadhilah Budiono, dalam sambutannya mengatakan, PT Santos hendaknya dapat memanfaatkan peluang investasi di sumur pengeboran tersebut. Pasalnya, selama ini investasi di sektor ini masih minim. Bila PT Santos berhasil dalam mengeksplorasi minyak lepas pantai, diharapkan investor lainnya semakin tertarik untuk menanamkan investasinya di Kabupaten Sampang. Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan tukar menukar cindera mata antara pemkab Sampang dan PT Santos. Penyerahan cindera mata diwakili oleh Bupati Sampang Drs H Fadhilah Budiono. Sedangkan, dari PT Santos Australia cindera mata diserahkan oleh Mr John. 



Keadaan ini sangat menguntungkan dan juga merugikan bagi masyarakat Madura khususnya kota sampang ,  karena apa menguntungkang , karena masyarakat di bantu oleh PT SANTOS mengurangi pengangguran yang ada , selain itu wilayah pengeboran minyak di santos juga di gunakan untuk memancing dalam kehidupan sehari hari

Cara kerja penambangan minyak di bawah laut yaitu dengan Platform minyak adalah sebuah struktur besar yang digunakan sebagai tempat pekerja dan mesin yang dibutuhkan untuk mengebor dan memproduksi minyak dan gas alam di laut. Tergantung keadaan, platform dapat menempel ke dasar alut, terdiri dari sebuah pulau buatan, atau mengambang. Biasanya, platform minyak terletak di continental shelf namun dengan berkembangnya teknologi, pengeboran dan produksi di perairan yang dalam dapat dilakukan dan juga menguntungkan. Platform umumnya memiliki sekitar 30 "wellhead" yang terletak di platform dan pengeboran terarah mengijinkan persediaan diakses di kedalaman berbeda dan posisi yang jauh sampai 5 mil (8 kilometer) dari platform. Banyak platform juga memiliki wellhead yang jauh disambung oleh hubungan umbilical, ini dapat berupa sumur tunggal atau pusat "manifold" untuk banyak sumur..







Tetapi di samping ke untungan yang ada masih perlu banyak perbaikan , di antaranya yaitu pengelola yang mengoperasikan yaitu pihak asing ini membuktikan pemerintah masih belum mampu mengelola sumber daya alam sendiri dan masih menggantungkan terhadap orang lain , selain itu pengeboran minyak dapat menyepabkan pencemaran lingkungan danjuga mengganggu ekosistem laut harapan masyararakat sampan yaitu tidak lebih dari untuk menjaga ekosistem laut supaya tidak tercemar dan juga dapat membantu ekonomi masyarakat sampang

Comments

Popular posts from this blog

Macam - macam Software Business Process Modeling and Notation (BPMN)

Sistem Operasi iOS ( iphone operating system)

Perancangan jaringan Komputer