Mewujudkan Sikap Literasi Digital Di Kalangan Remaja

       
   Hallo ... Para pengunjung blogger sanjaytekno , pada kesempatan kali ini saya akan memosting tentang peran para remaja dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam lingkup Literasi Digital . Apa sih itu Literasi digital mari kita simak bersama-sama postingan yang mungkin sedikit bermanfaat bagi para pembaca . 

         Sebelum memasuki inti dari materi yang saya posting, alangkah lebih baik kita mengnal tentang apa sih itu Literasi Digital , literasi digital ialah sikap yang dimiliki oleh seseorang dalam menhjalankan suatu teknologi dimana bertujuan untuk mengakses, menganalasis suatu teknologi yang akhirnya dapat bermanfaat dalam kehidupan masyarakat. di zaman moderen seperti saat ini hampir seluruh penduduk Indonesia sudah mengenal yang namanya itu internet , yang menurut masyarakat internet dapat membantu mereka dalam berbagai hal misalnnya saat komunikasi. begitu pula dikalang para remaja khususnya para pelajar mereka di manja oleh internet untuk memudahkan pekerjaan mereka misalnya ketika ada tugas mereka mencari refrensi dari internet tetapi disamping adanya kelebihan semua itu tidak jarang para remaja menggunakan internet untuk hal hal negatif , misalnya mai game online secara berlebihan , kemudian mengakses sistus pornografi yang seberanya dilarang oleh Agama. 

       Tetapi disamping hal itu semua tidak sedikit para remaja yang mengembangkan ilmu pengetahuan literasi digital misalnya contoh nyata , yang dikutip oleh detik.com para peneliti muda mendapatkan penghargaan dari Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.
Para peneliti muda yang mendapat penghargaan Adi Cipta Tata Wahana Award itu adalah para pemenang Lomba Penelitian Transportasi Tingkat Nasional Tahun 2016. Penghargaan diberikan Menhub Budi Karya di Ruang Mataram, Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (26/10/2016).

      sebenarnya para remaja pada saat ini mempunyai banyak inspirasi-inspirasi dalam mengembangkan dan mewujudkan sikap literasi digital , karena pengaruh lingkungan yang tidak mendukung mengakibatkan para remaja saat ini salah pergaulan , dengan ini pemerintah seharusnya peka terhadap semakin rendahnya remaja yang mengunakan internet secara postif , dengan melakukan sosialisai terhadap remaja remaja yang salah pergaulan sehingga mereka dapat sadar akan pentingnya untuk bijak dalam menggunakan teknologi digital saat ini.




Peran serta orang tua dan guru dalam mendorong remaja untuk maju dan bijak dalam menggunakan teknologi 

  1. Orang tua memiliki peran peran penting dalam mendukung anaknya untuk tetap bijak dalam menggunakan teknologi dengan cara orang tua memantau langsung aktivitas yang dilakan oleh anak tersebut
  2. Orang tua yang telah mengerti tentang teknologi digital dapat memilah mana yang baik untuk anak dan mana yang tidak dengan melakukan filterisasi 
  3. Orang tua harus lebih akrab dengan anak , sehingga mengetahui masalah yang di derita oleh anak sehingga para remaja tidak melampiaskan masalah mereka kepada media sosial dll sehingga pihak lain tidak dapat di rugikan 
  4. Ketika para orang tua yang kurang mengerti ataupun kurang perhatian , disini lah peran penting dari guru untuk mendidik para murid sehingga menjadi penerus bangsa yang produtif
  5. dan yang terakhir peran teman ,jadi kita pilihlah teman yang baik tetapi bukan kita bermaksud untuk memilih milih teman , maksutnya kita harus mempunyai salah satu teman akkrab atau teman sejati dimana kita nantinya bisa curhat dan kita akan dapat masukan masukan positif dari mereka .


Apa sih manfaat dari kita memahami literasi digital bagi para remaja ???

       Manfaat yang di dapat ketika kita memahami literasi digital sangat lah banyak , bagi para remaja ketika telah memahami suatu konsep literasi digital maka remaja tersebut sudah mengetahui, memilah mana yang baik dan mana yang buruk , tidak hanya itu manfaat dari kita memahami suatu literasi digital kita dapat mengoreksi atau menganalisis akses internet yang mana yang pantas untuk di hilangkan serta mana yang patut di pertahankan , kemudian manfaat lainya ialah menghemat waktu atau efisiensi dalam belajar khususnya para remaja pelajar yangsering di tinggal guru atau dosen kita sebagai para remaja pelajar dapat browsing mencari informasi yang terkait di dalam pelajaran tersebut dan kita tidak ketinggalan pelajaran , remajayang mendalami ilmu literasi digital biasanya mempunyai informasi - informasi ter update di karenakan remaja yang sering online sering menulis di blog mereka dan sering aktif dalam grup yang membahas tentang pelajaran 


Bagaimana sih cara para remaja dalam mewujudkan sikap literasi digital , sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat ???




  1. Sikap analis 

    Artinya : setiap remaja mempunyai pemikiran untuk menganalisis suatu teknlogi sehingga dapat menilai suatu perkembangan teknologi ,yang dapat memberikan kritikan,disamping itu para remaja juga dapat mengembangkan teknologi tersebut, sehingga para remaja dapat mengembangkan suatu teknologi yang dapat bermanfaat
  2. Kreatifitas 
    Artinya : Setiap remaja yang ingin mewujudkan sikap literasi di gital di tuntut untuk memiliki kemampuan kreatifitas yang kuat sehingga nantinya dapat mengembangkan suatu produk yang dihasilkan oleh orang lain dan akhirnya kita dapat memproduksi sendiri .
  3. Organisatoris 
    Artinya : orang yang hebat tidak lahir sebagai orang hebat di dalamnya pasti ada seseorang yang mendukung , jadi kita sebagai seorang remaja haruslah memiliki sikap organisatoris dapat memimpin suatu organisasi yang dan kita haruslah mencariinformasi informasi dari orang lain sehingga kita memiliki refrensi yang banyak yang nantinya dapat kita kembangkan untuk mewujudkan sikap literasi digital .
  4. Jujur dan memiliki semangat 
    Artinya : setiap remaja yang ingin mewujudkan sikap literasi digital harus memiliki sikap dan sifat jujur , hal ini sangatlah penting karena suatu informasi yang di dapat ketika orang tersebut tidak jujur maka data yang diproleh maka akan di manipulasi , kemudian biasanya jika sudah lama ingin mewujidkan literasi digital maka semngat yang ada semakin lama semakin luntur , sehingga perlu namanya semangat juang untuk meraih apa yang kita inginkan dan dapat mewujudkan sikap literasi digital .


Dan akhirnya postingan tentang literasi digital telah usai ,kita sebagai generasi muda alangkah baiknya mempergunakan teknologi dengan bijak, kita adlah penerus generasi bangsa yang profesional artinya punya semangat juang untuk meningkatkan ilmu pengetahuan di bidang teknologi , sehingga ilmu kita dapat di terapkan dalam masyarakat .


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Macam - macam Software Business Process Modeling and Notation (BPMN)

Sistem Operasi iOS ( iphone operating system)

Perancangan jaringan Komputer